Rabu, 07 Juli 2010

VISI DAN MISI YPI amalislamiK


VISI DAN MISI

YAYASAN PENGEMBANGAN ISLAM

AL-MUASSASAH LI NASYRI AL-ISLAMIYYAH KEDANG

( YPI AMAL ISLAMIK )

Yayasan Pengembangan Islam Al-Muassasah Li Nasyri Al-Islamiyyah Kedang, didirikan dengan Akte Notaris Ny. Supriati Widodo, SH Nomor 03 tanggal 26 April 2008 dan mendapat pengesahan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Nomor : AHU-3518.AH.01.02.Tahun 2008 tanggal 06 Agustus 2008.

Semula yayasan ini bernama Yayasan Pengembangan Islam Kedang, disingkat YPIK, didirikan berdasarkan Akte Notaris Ny. Yetty Taher, SH Nomor: 87 tanggal 26 Agustus 1991 dan terdaftar pada Kantor Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Nomor: 128/Not./1991/PN.JKT.SEL.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2003 tentang Yayasan yang telah diubah dengan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2004, maka YPIK yang telah berusia 17 tahun ini harus melakukan penyesuaian Anggaran Dasar dan struktur organisasinya sesuai amanat UU Yayasan tersebut di atas. Dalam proses penyesuaian ini akhirnya nama yayasan ini menjadi Yayasan Pengembangan Islam Al-Muassasah Li Nasyri Al-Islamiyyah Kedang disingkat YPI Amal IslamiK.

Sebagai yayasan yang bergerak di bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan, mempunyai Nilai Dasar Perjuanagan, Moto, Visi dan Misi sebagai berikut :

Nilai DASAR :

Nilai Dasar YPI Amal Islamik adalah pengabdian (ibadah) yang tulus kepada Allah:

“Wamaa khalaqtul jinna wal insa illaa liya’buduuni”

Tidak Ku jadikan jin dan manusia kecuali agar mereka beribadah kepada-Ku (Q.S. Adz-dzaariyaat : ayat 56)

M O T O :

“’Isykariiman au mut syahiidan”

Hiduplah secara terhormat atau mati dalam keadaan syahid.

V i s i :

Terwujudnya tata kehidupan umat yang cerdas, dinamis, sejakhtera lahir dan bathin ”fiddunia wal akhirah” yang penuh dengan keikhlasan sesuai sendi-sendi ke-Islam-an.

M i s i :

1. Memurnikan keyakinan Umat Islam terutama di daerah terpencil dan menyempurnakan keimanannya kepada Allah SWT serta pemahaman-pemahaman yang menyimpang dari aqidah dan ajaran Islam yang benar, agar menjadi umat terbaik yang menyeru kepada kebaikan, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar;

2. Menanamkan pemahaman tentang nilai-nilai Al-Qur’an kepada umat sebagai landasan pembentukan watak, mental, akhlak dan kepribadian yang islami.

3. Memberdayakan masyarakat melalui kemitraan umat di atas landasan kasih sayang karena Allah guna menciptakan kemandirian dalam bidang dakwah, sosial, hukum, pendidikan, ekonomi, politik, kesehatan dan tekhnologi, dll;

4. Meningkatkan kualitas pendidikan Islam guna mencetak Generasi Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, agar menjadi kader pemimpin umat yang handal yang bertanggungjawab atas pembangunan umat dan bangsa serta mampu menghadapi tantangan masa depan;

5. Membangun komunikasi untuk memperkokoh tali silaturahmi dan menggalang kerjasama dengan berbagai institusi dan organisasi Islam dalam memberdayakan potensi umat dan lembaga-lembaga lainnya guna menyebarluaskan Dakwah Islamiyyah yang komunikatif dan berkesinambungan dalam menegakkan nilai-nilai Islam yang “rahmatan lil ‘aalamin”.

6. Menyelenggarakan kajian-kajian ilmiah tentang Islam, seminar dan muktamar bertaraf nasional dan internasional, serta membangun kerjasama dengan berbagai organisasi terkait dalam merespon persoalan umat (agama), memperjuangkan perlindungan dan penegakan hak-hak dasar umat sebagai rakyat Indonesia sesuai tuntunan Islam;

7. Memberdayakan masjid sebagai Pusat Pembinaan Umat dan Pengembangan Budaya Islam serta Pusat Dakwah dan kajian Islam yang berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah;

8. Menjalankan fungsi ajaran Islam tentang amaliah sosial antara lain meliputi zakat, infaq, waqaf dan ibadah sosia lainnya melalui penyuluhan-penyuluhan..


Jakarta, 20 Desember 2008


Tim Pembahas :


Drs. H.M. Idris B - Penasihat YPI Amal Islamik Pusat M. Bahrun HAW - Ketua Dewan Pembina


Abdul Latief Hasan (Penasihat YPIK NTT) Abd. Haq Sanusi - Anggota Dewan Pembina


H. Asrul Tom - Sekertaris YPI amalislamiK Muh. Amin HS - Anggota Dewan Pembina



2 komentar:

  1. hmmmmm besT...! kaLO BOLEH tAW pRoKerNya Apa aja ?

    BalasHapus
  2. Prokernya sdh ada sejak berdirinya blog YPI amalislamiK. Silahkan membacanya. Peranserta semua Genarasi Muda Islam Kedang dalam mensukseskan semua program dan kegiatan YPI amalislamiK sangat diharapkan. Paling tidak mari kita sukseskan bersama pembangunan Masjid dan Madrasah di Kedang seperti Masjid di Leunapo, Masjid Mutiara di Tiba, Masjid Kulu, MIS Normal, termasuk rehabilitasi Masjid Walangsawa dan TPA Walangsawa. Atau mungkin punya pemikiran yang lebih fresh. Sampaikan kpd kami semua pendapat dan saran anda kepada kami untuk kesempurnaan rencana pembangunan kedang ke depan. Terima kasih atas perhatiannya.

    BalasHapus