Kamis, 01 Desember 2011

Tahun Baru Islam Harus Dimasyarakatkan

Monday, 28 November 2011 06:56

Tahun Baru Islam harus dimasyarakatkan

Warta

INDRA WIDYASTUTI
WASPADA ONLINE
MEDAN - Sejumlah kegiatan dilakukan untuk memperingati Tahun Baru Islam. Hal ini untuk memasyarakatkan Tahun Baru Islam, sebab tahun baru Islam sangat jarang dirayakan seperti tahun baru masehi.

“Kegiatan ini dalam rangka menyambut dan memeriahkan tahun baru Islam 1433H. Selama ini ada kenderungan umat Islam justru lebih memeriahkan tahun baru agama lain dibanding tahun barunya sendiri. Padahal, umat Islam sendiri memiliki tahun baru atau kalender sendiri, yang merupakan tahun kemenangan dan kebangkitan bagi umat Islam, masyarakat arab serta semenanjung Arabia,” kata Ketua Majelis Ulama Islam (MUI) SUmut, Abdullah Syah, tadi malam.

Dia menambahkan, hijrah ini merupakan tonggak kemenangan dan kebangkitan bagi umat Islam. Ini juga merupakan sejarah hijrah di Madina. “Madina menjadi tegaknya Islam pertama yang sempurna. Dengan membangun hubungan masyarakat yang harmonis dan kerukunan antara umat beragama," sebutnya.

"Melalui hijrah ini pula, bisa mengembalikan akhlakul karimah sehingga umat berakhlak kembali. Agar tidak terjadi tawuran, tidak saling memburukkan, namun melainkan saling menopang," imbuhnya.

Abdullah Syah menuturkan, dulu, masyarakat Arab dan semenanjung Arab juga hidup dalam keadaan yang tidak punya pedoman, aturan dan adat istiadat yang baik. ”Mereka cenderung berperang satu suku dengan yang lain. Saling berlomba berbuat kemaksiatan dan peradaban yang terbelakang,” bebernya.

Oleh karena itu, lanjutnya, melalui peringatan tahun baru Hijriah ini, umat Islam diajak merubah adat istiadat dengan akhlak yang mulia dan peradaban serta aturan yang adil. Hijrah ini, sebutnya, merupakan tonggak kemenangan dan kebangkitan bagi umat Islam. Ini juga merupakan sejarah hijrah di Madina.

Sejumlah kegiatan yang digelar hari ini adalah gerak jalan hijrah dari Lapangan Merdeka Medan dan pawai sepeda dari Masjid Raya Medan ke Masjid Raya Labuhan

Sumber: http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=225163:tahun-baru-islam-harus-dimasyarakatkan&catid=77:fokusutama&Itemid=131

Tidak ada komentar:

Posting Komentar